COFERA MG PRODUK INOVASI GIA YANG MENDAPAT AWARD HAMENGKUBUWONO CUP SUDAH BEREDAR DI OMIND

  07 September 2015
Rate this item
(0 votes)

Indonesiaamanah.com- Menghadapi MEA Desember 2015 ini pelaku usaha Indonesia yang tergolong pribumi maupun lokal tidak perlu cemas atau rendah diri. Indonesia memiliki kelebihan yang tidak dimiliki oleh negara lain, selain itu produk buatan Indonesia dengan bahan baku dari Indonesia juga tidak kalah kualitasnya dengan produk luar negeri.

Yang perlu disiapkan dengan serius adalah memperbaiki kualitas produk, menyesuaikan harga jual, memperluas pemasaran, menjamin keamanan dan yang tidak kalah pentingnya adalah menjaga moral yang baik dari pelaku usaha, yang dapat dituangkan dalam suatu aturan baku yang disebut QCDSM (quality, cost, delivery, safety and moral).

Gerakan Indonesia Amanah yang digagas oleh Bapak Muhammad Ikhlas Thamrin, SH memfasilitasi dan memprakarsai sistem belanja yang hanya memasarkan produk dalam negeri hasil riset para dosen di perguruan tinggi di Indonesia.

Salah satu produk yang dipasarkan adalah Coffera Mg yaitu adsorben herbal yang telah diperkaya dengan suatu logam yang sangat aman untuk dikonsumsi (foodgrade) hasil riset dari Dra. Ani Setyopratiwi, M.Si, seorang peneliti dari Jurusan Kimia FMIPA Universitas Gadjah Mada Yogyakarta.

Hasil riset yang memperoleh Award di bidang kesehatan dari Hamengku Buwana Cup di tahun 1991 ini dikatakan mempunyai manfaat yang sangat luas antara lain untuk meningkatkan kualitas minyak goreng, menyaring radikal bebas pada asap rokok ataupun asap kendaraan bermotor, dan jika dikonsumsi dapat memberikan manfaat kesehatan yang sangat luar biasa.

Ani Setyopratiwi menjelaskan bahwa kerusakan minyak disebabkan oleh beberapa faktor yaitu pemanasan, penyinaran, adanya unsur logam dan protein, dan kontak langsung dengan udara. Dalam kaitannya dengan proses penggunaan minyak goreng untuk memasak, faktor panas sangat dominan dalam mempercepat kerusakan minyak.

Semakin tinggi suhu yang digunakan untuk memasak maka minyak tersebut semakin cepat rusak di mana ikatan rangkap pada asam lemak penyusun minyak dapat membentuk radikal bebas yang dapat memicu timbulnya kanker. Setelah terbentuk radikal bebas, terjadilah tahapan berikutnya yaitu propagasi radikal bebas untuk menambah jumlah radikal bebas semakin banyak.

Jika tahap ini sudah terjadi maka sifat fisik dari minyak goreng yang dapat diamati perubahannya adalah warnanya semakin gelap dan viskositasnya semakin tinggi, minyak semakin kental.

Untuk memperbaiki warna minyak dapat digunakan bleaching atau pemucat minyak antara lain ekstrak jeruk, ekstrak kulit pisang, ampas tebu dan hidrogen peroksida yang foodgrade. Peran dari bleaching adalah mengoksidasi senyawa yang warnanya gelap menjadi senyawa lain yang warnanya lebih terang. Proses pemucatan ini dapat membuat minyak seolah baru kembali namun perlu diketahui bahwa radikal bebas yang terbentuk sewaktu minyak dipanaskan masih tetap tidak hilang, berarti minyak sudah mengalami penurunan kualitas ditinjau dari segi kesehatan.

Dengan menggunakan Coffera Mg , radikal bebas diubah menjadi senyawa yang stabil dan tidak berbahaya sehingga minyak goreng bekas dapat digunakan kembali tanpa resiko kanker. Dalam kaitannya dengan kesehatan, coffera Mg memberikan manfaat pencegahan resiko kanker dari penggunaan minyak goreng yang sehat. Sedangkan dari segi ekonomi, coffera Mg dapat memperberbaiki kualitas minyak bekas dengan menghilangkan radikal bebas yang terbentuk.

Dengan demikian coffera Mg memberikan perlindungan kesehatan dan menjadikan penggunaan minyak goreng lebih irit.

Selanjutnya peneliti menjelaskan bahwa jika minyak goreng bekas berwarna sangat gelap maka minyak tersebut sudah tidak layak dikonsumsi karena antioksidan (yang melindungi minyak dari reaksi oksidasi dan membentuk radikal bebas) sudah hilang. Di dalam riset laboratorium, aktifitas antioksidan dapat ditunjukkan dengan Metode DPPH yang memberikan perubahan warna ungu menjadi kuning.

Produk Coffera Mg ini satu-satunya produk di dunia yang diproduksi di Indonesia. Gerakan Indonesia Amanah bersama Dra. Ani Setyopratiwi, M.Si yang juga menjabat sebagai ketua HIPPI DIY, dengan mantap menyebarkan produk coffera Mg di pasaran.

Diharapkan pelaku usaha pribumi juga mulai meningkatkan kualitas produknya bahkan mencapai kualitas yang terbaik sehingga pemasaran lancar dan persaingan global tidak membuat pelaku bisnis pribumi menjadi galau.

Ingin dapatkan produk produk inovasi lainnya dari GIA segera kunjungi OMIND jaringan retail produk inovasi terbesar Indonesia di dekat anda

 

Leave a comment

2 comments