Items filtered by date: April 2015 - Indonesiaamanah


Cara Mudah Untuk Menambah Berat Badan Bagi Wanita

Terlalu sering kita diberikan informasi tentang produk yang bisa mengurangi berat badan di iklan televisi, online, print ad dan lain-lain. Terkadang kita juga diberikan saran dari teman atau keluarga tentang cara untuk menambah berat badan yang belum tentu benar. Jika anda ingin menambah berat badan secara teratur dan aman, maka di bawah ini ada 6 cara untuk menambah berat badan wanita secara benar.

1. Mencatat rencana menambah berat badan

Langkah awal yang baiknya di lakukan untuk para wanita adalah mencatat step-by-step rencana menambah berat badan. Rencana yang benar akan memberikan anda arahan yang tepat untuk menambah berat badan anda secara teratur. Dengan adanya rencana tertulis maka hal-hal seperti tidak percaya diri, kemalasan, dan menunda-nunda yang biasa di alami oleh pemula bisa dijalankan sesuai jadwal yang sudah di tentukan.

Dalam catatan ini anda perlu tertulis beberapa hal seperti; seberapa banyak anda ingin menambah berat badan, berikan anda deadline untuk memperkuat rencana anda supaya bisa tercapai, berapa banyak makanan yang akan anda konsumsi, berapa kali anda harus makan dalam sehari nya, brapa kali olah raga dan olah raga seperti apa yang akan anda lakukan. Dengan menulis cacatan seperti ini, anda akan lebih fokus dalam melakukan semua rencana ini, dan kemungkinan akan mencapai keberhasilan sesuai yang anda inginkan.
2. Lakukan Resistance Exercises

Salah satu olah raga yang musti anda lakukan adalah resistance exercise untuk membangun otot. Contoh latihan yang baik adalah dengan cara membangun otot secara keseluruhan, dimana hormone dan testosterone akan menambah dengan bentuk latihan seperti push ups, pull ups, chin ups, dips, body squats, pistol squats dan jika anda ada akses ke gym maka bisa juga di coba angkat besi, seperti bench press dan barbell squats.
3. Makan yang sering dalam sehari

Banyak wanita kurus yang mencoba untuk mengkonsumsi makanan dengan takaran yang banyak, akan tetapi ada cara yang lebih efektif untuk mencapai goal anda. Lebih baik anda makan lebih sering per harinya dengan kwantitas sesuai porsi, di banding makan jarang tapi porsi nya banyak. Ini akan membuat anda merasa terlalu kenyang jika makan lebih dari takeran anda. Kekenyangan akan membuat anda mual dan susah untuk beraktifitas.

Coba usahakan untuk makan 4-6 kali sehari dengan kwantitas minim, dibanding jika makan hanya 3 kali sehari dengan kwantitas banyak. Cara ini akan menambah berat badan anda dengan aman dan secara bertahap.

Tipe makanan yang sebaiknya anda konsumsi contohnya seperti nasi merah, roti gandum, pasta, ayam bagian dada tanpa kulit, daging ayam kalkun, salmon, daging tanpa lemak, telur, susu, keju, kacang, oils, buah-buahan berkalori tinggi dan sayuran.
4. Penggunaan suplemen secara benar

Jika sebagian dari anda adalah pemakai suplemen untuk menambah berat badan, sangat penting untuk menggunakannya secara teratur. Menambah dosis tidak akan mempercepat menambah berat badan anda, dikarenakan tubuh anda hanya bisa menerima nutrisi sesuai ukuran tubuh. Gunakan sesuai instruksi label supaya tidak membuang suplemen secara sia-sia.
5. Tidur cepat

Banyak wanita yang ingin menambah berat badan tidak memikirkan pentingnya tidur untuk menambah berat badan. Idealnya waktu istirahat malam atau tidur kurang lebih 6-8 jam setiap malamnya. Akan tetapi dengan banyaknya kesibukan kita, maka terkadang kita hanya tidur beberapa jam saja.

Beberapa cara yang bisa di sarankan supaya anda bisa istirahat pada waktu yang tepat, jangan nonton tv disaat waktu sudah mendekat jam tidur, internet surfing, main video games, membaca, atau berbicara lewat hand phone. Jika anda tidak melakukan semua ini, waktu istirahat anda lebih banyak dan tentunya berat anda pun bertambah.
6. Program olah raga yang baik

Mendapatkan badan yang indah dan seksi tidak hanya dengan olah raga di gym dan melakukan angkat besi secara rutin. Tetapi harus di lakukannya dengan intensitas tinggi, mental yang kuat dan tidak mudah putus asa. Jika anda sebagai pemula baiknya anda ajak teman yang sudah berpengalaman atau dengan pelatih. Rencanakan goal anda untuk meraih sukses dengan olah raga di gym untuk mencapai target yang diinginkan.

SUMBER : 10caradietsehat.com


Lagi, Pemain Sepak Bola Meninggal Dunia
-Bek Sporting Lokeren, Gregory Mertens


BERITA duka kembali datang dari dunia sepakbola, kali ini dari Belgia. Kamis (30/4), bek Sporting Lokeren, Gregory Mertens (tidak ada hubungan kerabat dengan gelandang Napoli, Dries Mertens), meninggal dunia setelah koma selama tiga hari akibat henti jantung (cardiac arrest).

Pemain berusia 24 tahun itu berada dalam kondisi kritis di rumah sakit selama tiga hari, setelah dirinya pingsan di menit ke-20 kala membela tim cadangan Lokeren menghadapi Racing Genk, Senin (27/4).

Tim medis Lokeren sempat memberikan pertolongan selama 30 menit lamanya, sebelum dilarikan ke rumah sakit hingga tiga hari kemudian dinyatakan meninggal.

“Hari ini terjadi sesuatu yang tak seorang pun pernah berani memprediksinya terlalu cepat. Kami mengucapkan selamat tinggal kepada Gregory Mertens," tulis Lokeren di laman resminya.

“Kami adalah sebuah klub sepak bola. Semua orang di dalam dan sekitar kehidupan klub hidup dari sepak bola. Tapi tiba-tiba sesuatu terjadi yang membuat kami menyadari sepak bola hanyalah sepak bola. Hari ini adalah saat seperti itu," katanya.

Mertens memulai kariernya di klub sepakbola termahsyur Belgia, Anderlecht, sebelum pindah ke Lokeren pada Januari 2014 lalu dari Cercle Bruges. Dirinya sempat beberapa kali membela timnas Belgia U-21, namun tak pernah dipanggil timnas senior.

Sumber : www.goal.com

Pentingnya Tidur Bagi Perkembangan Bayi TIDUR yang cukup untuk bayi yang baru lahir sangatlah penting. Ada banyak sekali manfaat kesehatan tidur untuk bayi. Jika bayi Anda tidak mendapatkan cukup tidur, hal itu dapat mempengaruhi suasana hati serta pertumbuhannya. Baca juga: Tips Merawat Kesehatan Bayi dan Balita Selain bayi, Anda pun perlu tidur nyenyak. Jika si kecil bisa tidur dengan pulas, dampaknya Anda juga akan bisa beristirahat dengan baik. Tugas ibu memang cukup banyak, terutama jika Anda seorang ibu muda. Anda juga perlu istirahat yang cukup agar suasana hati dan kekuatan fisik tetap terjaga sehingga akan berdampak positif bagi pertumbuhan bayi Anda. Berikut adalah beberapa keutamaan tidur nyenyak bagi bayi yang perlu kita ketahui bersama. 1. Pertumbuhan bayi Tidur bagi bayi sangat diperlukan karena dapat membantu tubuh mereka untuk tumbuh dengan baik. Saat bayi tidur dengan baik, sekresi hormon pertumbuhan memungkinkan mereka untuk tumbuh dan menjadi sehat. 2. Perkembangan otak Manfaat penting lainnya dari tidur untuk bayi yaitu perkembangan otak yang sehat. Jika bayi Anda mendapatkan cukup tidur (dua kali sehari), otak mereka akan berkembang lebih cepat dan lebih baik. Jadi semakin banyak bayi tidur, semakin cerdas pula anak Anda kelak. 3. Pertumbuhan sistem syaraf pusat Inilah salah satu alasan penting mengapa tidur untuk bayi yang baru lahir adalah sesuatu yang wajib. Para ahli mengatakan bahwa jika bayi mendapat waktu tidur yang cukup, sistem saraf pusat akan berkembang dengan baik dibandingkan dengan anak yang tidak mendapatkan waktu tidur yang tepat. 4. Mood Semakin banyak bayi tidur, mereka akan merasa semakin rileks. Hal ini berguna agar bayi lebih gemar tersenyum dan tertawa bukannya malah sering menangis sepanjang waktu. 5. Imunitas yang kuat Jika bayi Anda mendapatkan tidur yang cukup, sistem kekebalannya akan meningkat yang berguna dalam mencegah penyakit. Oleh karena itu, tugas Anda sebagai seorang ibu adalah memastikan bayi Anda mendapatkan tidur yang cukup. 6. Responsif dan interaktif Jika Anda mencermati perilaku bayi ketika sedang tidur, ia seringkali akan tersenyum atau bergerak dengan sendirinya. Hal ini dikenal sebagai tidur aktif. Pada tahap ini, meskipun tubuh anak Anda beristirahat, otaknya tetap bekerja alias aktif. Kondisi ini terjadi lebih kurang selama 60 menit. Bahkan, menurut hasil studi, ketika bayi berada dalam kondisi tidur nyenyak, sebagian besar perkembangan, termasuk fungsi otak, sedang berlangsung. Sebagai seorang ibu yang baik, Anda bertanggung jawab sepenuhnya untuk memastikan bahwa bayi Anda bisa tidur dengan pulas dan cukup. Sumber : www.magwuzz.com

BNPB Fokus Berikan Bantuan Medis di Nepal

DHAKA -- Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) yang ikut dalam tim kemanusiaan dan evakuasi di Nepal akan fokus untuk memberikan bantuan medis. Direktur Tanggap Darurat Bencana BNPB Junjunan Tambunan mengatakan pihaknya membawa 19 pekerja medis untuk membantu korban bencana alam pascagempa 7.9 SR melanda Nepal. Dalam tim medis tersebut, terdapat dua dokter umum, dua spesialis otopedi, dua spesialis anestesi, satu spesialis bedah umum, satu apoteker, dan lainnya adalah perawat. "Fokus bantuan medis ini berdasarkan permintaan dari otoritas Nepal," kata Tambunan, Kamis (30/4). Sebelumnya, BNPB berencana mengirimkan tim assessment pascabencana beserta peralatan pendukung untuk membantu evakuasi korban, namun karena pihak Nepal meminta tim medis maka rencana tersebut dibatalkan. Tambunan menambahkan BNPB akan mengirim tiga tim lagi setelah pengiriman pertama bersama tim kemanusiaan dan evakuasi RI, yakni menggunakan pesawat Hercules TNI AU, pesawat charter Garuda, dan pesawat Cardiq Air Boeing 737. "Tim berikutnya akan berangkat 1 Mei, tapi untuk Cardiq masih dalam konfirmasi," kata dia. Selain BNPB, tim Indonesia juga terdiri dari unsur Kemlu, TNI, jurnalis, dan beberapa anggota organisasi sosial-kemasyarakatan. Pemerintah RI juga mengirimkan bantuan materi berupa kebutuhan darurat pascabencana, seperti tenda, selimut, obat-obatan, perlengkapan medis, makanan bayi, dan makanan siap saji. Berdasarkan data Direktorat Perlindungan WNI dan Badan Hukum Indonesia (PWNI/BHI) Kemlu, saat ini tercatat 95 WNI berada di Nepal, terdiri atas 30 orang yang menetap dan 65 pegunjung.

Sumber : (republika.co.id)

Saya sangat memahami jika kita mendengar kata tentang pemberdayaan maka yang ada dalam benak kita itu adalah projek pemerintah, atau hanya sekedar penggugur kewajiban atas sebuah program yang telah. Efeknya adalah ada asumsi di tengah masyarakat kita bahwa pemberdayaan adalah aktivitas tak tuntas, sekedarnya saja yang penting dijalankan, hingga inilah yang membuat pemberdayaan kehilangan makna, padahal sesungguhnya pemberdayaan adalah aktivitas yang mampu memberikan keberdayaan yang luar biasa jika dilakukan penuh dengan ketulusan...


Karenanya Gerakan Indonesia Amanah (GIA) mencoba untuk memasukkan ruh ketulusannya dalam aktivitas pemberdayaan yang dilakukannya, ini terlihat bahwa aktivitas utama dari GIA itu selain pembinaan dan hijrah belanja, menempatkan pemberdayaan dalam peta jalan menuju perwujudan visi besar yakni kesejahteraan dan kemandirian.


Pemberdayaan bagi GIA adalah hal yang mutlak dalam mewujudkan keberdayaan komunitas, hal ini karena dengan diberikannya muatan pemberdayaan diharapkan komunitas terlatih dan meningkatkan kapasitas sehingga diharapkan dengan terlatihnya dan meningkatnya kapasitas maka akan lahir unit unit usaha yang produktif yang mampu mandiri.


Beberapa mekanisme pemberdayaan yang menjadi program dari GIA adalah pelatihan budidaya lele dengan metode KINOMIA, sebuah metode yang sesungguhnya lahir dari anak muda multitalenta bernama KIRNO. Tak hanya itu, KINOMIA sesungguhnya adalah visi GIA itu sendiri yakni Kemandirian Perikanan Oleh Masyarakan Indonesia Amanah, karenanya dalam metode KINOMIA tak hanya diajarkan dan dilatih tentang pembesaran, tetapi mulai dari menjadi petani yang amanah, cara pembenihan, cara pembesaran sampai pada manajemen bisnisnya semuanya di sampaikan dengan bahasa yang mudah dimengerti. Yang lebih menarik adalah pelatihan dengan dua kali pertemuan ini semuanya di berikan secara gratis khusus bagi komunitas GIA.


Hasilnya yang telah di rasakan oleh salah satu peserta pelatihan lele seorang ibu rumah tangga di Bantul bernama Sri Mulyani. Beliau setelah mengikuti pelatihan lele langsung praktek dan sungguh mencengangkan menebar benih 2200, saat panen bisa mendapat 3 kwintal dengan keuntungan bersih Rp.1.600.000,- dan beberapa pekan lagi akan panen kembali. Yang menambah dahsyatnya lagi adalah Ibu Sri mulyani ini sebelumnya sama sekali belum pernah melakukan budidaya lele, jadi ini adalah pengalaman pertama beliau berkecimpung dalam budidaya lele.


Tak hanya di Bantul, di Kulonprogo dan di Magelang juga mendapatkan pengalaman manis saat panen lele, padahal banyak yang memahami bahwa tak mudah untuk berbudi daya lele yang menguntungkan karena banyak petani lele kita yang selalu merugi, dan GIA mencoba untuk mematahkan mitos itu bahwa jika kita memberikan pelatihan dengan tulus maka hasilnya pun bisa memberikan efek positif bagi masyarakat. Rencananya setelah pelatihan lele, GIA akan pula memberikan pelatihan budidaya Nila dan Gurame bagi komunitasnya.


Tak hanya pelatihan lele, GIA juga akan memberikan pelatihan pemberdayaan pembuatan antiseptik organik, menariknya bahan baku dari pembuatan ini adalah air cucian beras (leri) yang pertama. GIA memang mencoba memikirkan dalam aplikasi pemberdayaannya selalu memberikan efek langsung bagi komunitasnya tapi dengan cara yang sederhana. Antiseptik organik ini dalam pemanfaatannya bisa di gunakan sebagai pembunuh bakteri di bak mandi sehingga air yang kita pakai untuk mandi bisa terbebas dari bakteri yang jahat. Tak hanya itu, bisa di gunakan untuk sabun pel lantai, di westafel dapur sampai di mesin cuci baju kita. Bayangkan jika leri setiap rumah tangga kita di gunakan untuk dibuat anti septik organik maka penghematan rumah tangga untuk membeli antiseptik bisa di lakukan dan sekaligus lingkungan tetap terjaga.


GIA juga memberikan pelatihan pembuatan pupuk organik, pestisida organik dan program Tabungan Amanah Bumi (TAB). TAB adalah sebuah lobang berdiameter 10 cm dengan kedalaman antara 50 cm-100cm. Nah lobang lobang itulah yang nantinya diisi dengan sampah organik. Tak seperti Lobang lainnya TAB nanti di berikan semacam formula dalam rangka percepatan proses komposing sehingga nanti hasilnya bisa di manfaatkan sebagai pupuk. Jika produksi sampah per rumah tangga seharinya adalah 1-2 kg, dan 70 persen dari sampah itu adalah sampah organik, maka kehadiran TAB di setiap rumah mampu memotong peredaran sampah organik rumahan ke tempat pembuangan sampah. Tak hanya itu, TAB juga memiliki fungsi sebagai konservasi air tanah, jadi jika musim kering tanah menjadi pengumpul air sehingga air sumur tak ikut kekeringan, dan sebaliknya jika musim hujan tanah mudah menyerap air sehingga tak mudah ada genangan diatas tanah. Saya membayangkan jika tiap rumah ada TAB maka kekeringan, kebanjiran dan masalah sampah bisa teratasi sekaligus.


Itulah beberapa pemberdayaan yang sudah dan akan dilakukan oleh GIA, dan menariknya turunan dari pemberdayaan itu GIA telah menyiapkan menjadi peluang peluang berdirinya unit unit usaha yang bisa diambil oleh komunitas. Dan kumpulan unit unit usaha hasil dari mekanisme pemberdayaan maka lahirlah yang dinamakan Badan Usaha Milik Komunitas (BUMK). Dalam prakteknya BUMK mengambil prinsip koperasi yakni dari, oleh dan untuk komunitas. Jadi komunitas di GIA selain berdaya dengan mendapatkan skill, juga di desain ikut andil dalam usaha melestarikan bumi. Sehingga kami menyebut unit usaha yang lahir dari pemberdayaan ini adalah unit usaha dengan nafas ecogogreen.


Dan yang lebih penting itu semua adalah pemberdayaan yang dilakukan oleh GIA adalah buah dari keyakinan kami bahwa Indonesia mampu mandiri diatas kaki sendiri!

Muhammad Ikhlas Thamrin
Penggagas GIA

 

Terkadang ada sebuah pertanyaan mendasar yang harus ditanyakan dalam diri kita yakni : Apa motivasi terbesar anda dalam mengarungi kehidupan ini? dan saya yakin akan banyak jawaban yang ada dalam pikiran dan hati anda...
 
Ada yang menjawab motivasi saya adalah ingin kaya karena dengan kekayaan saya bisa membahagiakan istri,anak dan keluarga. Atau ada juga yang menjawab  motivasi terbesar dalam hidupnya adalah ingin memiliki kekuasaan karena  dengan kekuasaan maka ia bisa memberikan kemaslahatan bagi sekelilingnya. Tapi ada pula yang memiliki motivasi dalam kehidupannya secara spesifik yakni ingin membahagiakan dan membuat bangga kedua orang tua. Intinya saya yakin jika ditanya pertanyaan mendasar tentang motivasi dalam hidupnya maka ujungnya adalah tentang kebahagiaan...ya tentang kebahagiaan...
 
Hanya saja kadang jawaban kita itu terkesan abstrak...ia hanya hadir dalam pikiran dan hati kita saat ditanya oleh orang lain, tapi terkadang kita sendiri sulit untuk mewujudkannya...bagaimana kerja kerja membahagiakan itu?
 
Karenanya, saya selalu punya kebiasaan untuk berpikir dari akhir...berpikir dari ujung dengan sebuah bekal pertanyaan : Kalo saya meninggalkan dunia ini, apa kesan dari istri saya tentang saya, apa kesan dari sahabat sahabat tentang saya, apa kesan tetangga terhadap saya, apa kesan relasi relasi kerja terhadap saya? Rentetan pertanyaan itulah yang terus harus ada dalam pikiran saya...dan saya mencoba untuk mencari jawaban atas semuanya, satu jawaban tapi bisa menjawab hasrat semuanya...
 
Dan jawabnya ternyata sangat sederhana : AMANAH...iya Amanah ! saya ingin saat saya meninggalkan dunia, istri saya menjawab saya ada seorang suami yang amanah, yang mencintai istri dengan hati dan jiwanya dari dalam hati yang penuh ketulusan  dan menjaga kesetiaan atas deklarasi cinta,  menjadi seorang ayah yang selalu memberikan pelukan hangat kepada anak anaknya...
 
sahabat sahabat saya juga harus memiliki kesan bahwa saya adalah pribadi yang amanah, tidak mengkhianati kepercayaan persahabatan, tidak menjadi seorang lebay atas kejelekan sahabatnya bahkan menjadi seorang sahabat yang selalu memberi inspirasi kebaikan..
 
Bagi relasi relasi kerja saya juga harus memiliki kesan tentang Amanah, bahwa jika berinteraksi kerja atau mou kerjasama yang terjadi adalah kenyamanan, yang terjadi adalah pribadi kita atau perusahaan kita adalah perusahaan yang amanah...
 
Saya sangat meyakini jika kita terus berproses penjadian diri untuk menjadi pribadi amanah maka yang akan terjadi adalah kemelimpahan ya kemelimpahan cinta dan kemelimpahaan harta! Kehadiran kita akan selalu mendapatkan cinta dari banyak orang, dari istri atau suami, dari anak anak kita, dari relasi kerja kita bahkan dari alam pun akan memberikan energi positifnya kepada kita..
 
Itulah visi yang ingin di tuju dalam program Pembinaan Gerakan Indonesia Amanah yakni bagaimana komunitas mau memiliki komitmen untuk melakukan proses penjadian diri amanah. GIA sudah memiliki konsep proses itu dalam sebuah sekolah yang kami namakan Sekolah Kehidupan Amanah Indonesia ( SKUAD). Ada kata kata kehidupan setelah kata sekolah karena sejatinya proses pembelajaran dan penjadian diri menjadi menjadi pribadi amanah adalah kehidupan itu sendiri...
 
Sehingga SKUAD adalah proses pembelajaran 24 jam tiap hari dalam kehidupan ini, bahwa ada proses pembelajaran yang kami namakan tahapan itu sesungguhnya adalah jeda kehidupan, jeda untuk mengambil hikmah atas kehidupan yang telah kita jalani.
 
Jeda itu adalah sekaligus tahapan SKUAD yakni Reborn ( Lahir Kembali). Dalam jeda ini akan dikuatkan  bahwa Reborn itu adalah tentang Lahirnya sebuah visi baru...visi tentang diri kita dan visi kemandirian, visi keberdayaan..lahirnya visi itu harus menyatu dengan pengambilan hikmah atas momen kehidupan kebanyakan yakni kita lahir ke dunia ini dengan tidak membawa apa apa, dan kelak kita akan memahami pentingnya kebersamaan, pentingnya kekeluargaan dan pentingnya sebuah visi..Itulah Reborn GIA.
 
Jeda kedua adalah tentang Leadership Development (Membangun Kepemimpinan Diri). Dalam LD ini fokusnya adalah agar visi yang telah lahir dalam Reborn itu harus benar benar sudah terinternalisasi dalam diri kita, visi itu sudah harus mewujud dalan segenap aktivitas kehidupan kita, dan itu semua muaranya adalah bagaimana kita mampu menjadi pemberi inspirator bagi sekeliling kita.
 
dan Jeda terakhir dalam SKUAD adalah deklarasi visi amanah di tempat yang kita sucikan, bagi muslim kita harus melaksanakan ibadah Umroh dan dengan ibadah itu kita benar benar bermunajat agar kita menjadi pribadi yang amanah! Umroh adalah sarana terbaik proses penjadian diri amanah, dan juga proses perwujudan atas semua motivasi kehidupan kita, perwujudan atas semua mimpi mimpi kita, karena Allah SWT sendiri yang menggaransi itu semua untuk diwujudkan! karenanya GIA menjadikan Umroh adalah puncak atas SKUAD ini. 
 
Jadi program Pembinaan dalam GIA pada hakekatnya adalah ingin menjadikan pribadi kita menjadi seorang patriot amanah, menjadi seorang yang dapat dipercaya.Hidupnya adalah selalu bergairah karena ia memiliki mimpi besar tentang kehidupannya yakni Bahagia bersama disurga. Itulah puncak kebahagiaan seorang patriot amanah, saat ia, istri atau suaminya, anak anaknya dan relasi kerjanya mengikuti proses penjadian diri amanah...
 
Kapan kita wisuda?
 
jawabnya saat kontrak kehidupan kita berakhir, saat kain kavan menutup diri kita, saat kita ditinggal sendiri di rumah tanah di pemakaman...
 
apa kata istri atau suami tentang diri kita? Apa kata anak anak kita tentang diri kita, dan apa kata relasi kerja tentang diri kita...
 
harumkah dengan kekuatan amanah kita? Seberapa harum itu berarti yang menentukan lulus atau tidaknya kita....
 
 
Muhammad Ikhlas Thamrin
Penggagas GIA
indonesiaamanah.com Gerakan Indonesia Amanah (GIA) semakin merapatkan dan mengkonsolidasikan jejaringnya, hari minggu kemarin 26/4 bertempat di Hotel New Saphier Yogyakarta,GIA melakukan pembentukan Pengurus di 11 kota yakni Yogyakarta, Bantul, Sleman,Kulonprogo,Gunungkidul, Kabupaten Magelang, Kota Magelang, Temanggung, Solo, Klaten dan Sukoharjo. 
 
Acara yang diadakan dari pagi sampai sore ini lebih di fokuskan pada hak dan tanggung jawab pengurus, visi, program dan action serta tentang Badan Usaha Milik Komunitas. Tak hanya itu, dikenalkan pula elemen-elemen yang ada dalam GIA seperti manajemen Koperasi Komunitas Indonesia Amanah (KKIA),dan manajemen Kantor Katalog Produk Indonesia Amanah (KoPIA).
 
Beberapa program unggulan dari GIA juga disosialisasikan seperti program Tabungan Amanah Bumi (TAB) sebagai ikhtiar untuk menyelesaikan persoalan sampah organik, antisipasi bencana kekeringan,antisipasi bencana banjir, mahalnya pakan dan pupuk organik. Ada pula program pembentuk Komunitas Hijrah Belanja (KHB) sebagai komunitas yang komitmen untuk hijrah belanja ke produk UKM Indonesia. 
 
Penggagas GIA Ikhlas Thamrin menyatakan : " dengan hadirnya pengurus GIA disetiap kabupaten dan Kota maka diharapkan geliat aktivitas GIA bisa semarak, dan juga agar komunitas GIA bisa bertambah besar sehingga dengan membesarnya komunitas GIA diharapkan terbentuknya kampung kampung amanah yang mandiri, kampung yang peduli terhadap lingkungan, dan kampung yang komitmen belanja produk produk UKM Indonesia, saya yakin jika ini terus di gerakkan maka visi besar hadirnya GIA yakni memandirikan Indonesia tak mustahil bisa terwujud, dan pengurus GIA adalah salah satu tulang punggung yang ada di kota dan kabupaten masing masing."
 
Ikhlas juga menambahkan : " setelah 11 kota ini kita bentuk pengurus GIA maka kita akan segera memasifkan program pemberdayaan kepada masyarakat seperti pelatihan pembuatan antiseptik organik dari air beras (leri), pembuatan pupuk dan pestisida organik, pelatihan pembuatan tabungan amanah bumi (TAB), pelatihan pembersihan tandon dengan cepat,dll yang keseluruhan aktivitas tersebut akan menghasilkan unit usaha unit usaha yang tumbuh di setiap kota, jadi ini sama saja GIA akan memberikan peluang kewirausahaan (enterprenership) kepada setiap komunitas, kami ingin agar unit usaha ini melahirkan aktivisprener di setiap kota, seorang pelaku usaha yang memiliki idealisme GIA" 
 
Dalam kesempatan itu pula, Muhammad Ikhsan selaku koordinator Kementrian Badan Usaha Milik Komunitas (BUMK) GIA menyatakan: " kita juga menghadirkan amigol fashion and healthcare sebagai tren baru fashion dan gaya sehat komunitas yang Khas Indonesia. Ini penting dilakukan karena GIA gelisah melihat tren K-POP yang melanda anak anak muda kita yang cenderung mengikuti tren budaya luar, Amigol Fashion and Healthcare adalah ikhtiar dari GIA dalam rangka cara baru mencintai karya inovasi bangsa Indonesia yang sesungguhnya sungguh sangat memberikan benefit dan menyehatkan"
 
Sudah tak sabar dengan program program GIA dan Amigol Fashion and Healthcare, nampaknya pengurus GIA setiap Kota harus segera action dan memasifkan program GIA. Mengambil pesan penutup dari acara pembentukan pengurus GIA : siapa yang bekerja dalam skala peradaban maka rezeki anda adalah peradaban pula!
 
Selamat mengabdi Pengurus GIA,ayo wujudkan kampung amanah dan mandirikan Indonesia!
Di hari Kartini mendapat sebuah kiriman tulisan yang entah siapa penulisnya. Tetapi tulisan ini menurut saya sangat layak untuk disebar dan dibaca oleh semua orang, tak terkecuali laki laki harus membaca tulisan ini.  Tulisan ini tak ada judul karenanya saya buatkan judul : Tentang Perempuan, Tentang Surah! Judul itu saya berikan atas kesimpulan yang saya fahami setelah membaca tulisan ini. Bagi penulis, saya mendoakan agar selalu dirahmati dan diberkahi karena pesan yang ingin disampaikan melalui tulisan ini sungguh dahsyat! Inilah Tulisan itu :
 
Kaum 'FEMINIS' bilang susah jadi wanita, karena melihat peraturan dibawah ini saja :
 
1. Wanita auratnya lebih susah dijaga (lebih banyak) dibanding lelaki. 
2. Wanita perlu meminta izin dari suaminya apabila mau keluar rumah tetapi tidak sebaliknya.
3. Wanita menerima warisan lebih sedikit daripada lelaki.
4. Wanita perlu menghadapi kesusahan mengandung dan melahirkan anak.
5. Wanita wajib taat kepada suaminya, sementara suami tak perlu taat pada isterinya.
6. Talak terletak di tangan suami dan bukan isteri.
7. Wanita kurang dalam beribadat karena adanya masalah haid dan nifas yang tak Ada pada lelaki.
 
itu sebabnya mereka tidak henti-hentinya berpromosi untuk "MEMERDEKAKAN WANITA". 
 
Pernahkah Kita lihat sebaliknya (kenyataannya).. ?
 
1. Wanita perlu taat kepada suami, tetapi tahukah lelaki wajib taat kepada ibunya 3 kali lebih utama daripada kepada bapaknya..?
 
2. Wanita menerima warisan lebih sedikit daripada lelaki, tetapi tahukah harta itu  menjadi milik pribadinya dan tidak perlu diserahkan kepada suaminya, sementara apabila lelaki menerima warisan, Ia perlu/wajib juga menggunakan hartanya untuk isteri dan anak-anak.
 
3. Di akhirat kelak, seorang lelaki akan dipertanggung- jawabkan terhadap..! 4 wanita: 
Isterinya, 
Ibunya, 
Anak perempuannya
Saudara perempuannya. 
 
4. Artinya, bagi seorang wanita tanggung jawab terhadapnya DITANGGUNG oleh 4 orang lelaki:  
Suaminya,
Ayahnya, 
Anak lelakinya 
Saudara lelakinya.
 
5. Seorang wanita boleh memasuki pintu syurga melalui pintu surga yang mana saja yang disukainya, cukup dengan 4 syarat saja
Shalat 5 waktu
Puasa di bulan Ramadhan
Taat kepada suaminya
Menjaga kehormatannya. 
 
Masya ALLAH.. ! Demikian sayangnya ALLAH pada wanita..!!
 
KELEMAHAN WANITA ITU ADALAH: "Wanita selalu lupa betapa berharga dirinya"
 
Selamat Hari Kartini
Saat visi besar Gerakan Indonesia Amanah (GIA) digelorakan: Membangun komunitas besar yang diisi oleh orang orang amanah yang mencintai Indonesia menuju kemandirian dan kesejateraan, lalu timbul pertanyaan bagaimana peta jalan untuk mewujudkan visi besar itu?
 
Saya ingin membaginya menjadi tiga  fase besar yang saya sebut sebagai Super Plan GIA. Tiga fase tersebut adalah : Pertama Fase yang saya sebut sebagai fase Pembangunan dan Penetrasi. Pada fase ini aktivitas utamanya adalah pada kerja kerja menyebar ide ke masyarakat sekaligus sebagai ikhtiar membangun komunitas dan jejaring di setiap kota. Fase ini ditutup dengan ditandai adanya deklarasi GIA. 
 
Kedua Fase Pemantapan dan konsolidasi stakeholders GIA. Kegiatan utama dari fase ini adalah pemantapan skill dan pemahaman atas visi besar GIA dan pembentukan Stakeholders GIA dengan karakteristik yang khusus dan spesifik. Karenanya terbentuklah Koperasi Komunitas Indonesia Amanah (KKIA), Badan Usaha Milik Komunitas (BUMK), Katalog Produk Indonesia Amanah (KoPIA), Komunitas Hijrah Belanja (KHB), Outlet Amanah Indonesia (Omah Indonesia), Portal Berita Indonesiaamanah.com sebagai portal Inspirasi dan Inovasi sebagai media berita komunitas  serta pengurus GIA di setiap Kota. Yang perlu di tekankan disini adalah seluruh stakeholders ini dibentuk untuk saling bersinergi dalam rangka mewujudkan visi besar diawal tadi. 
 
Ketiga adalah fase Ekspansi dan Tinggal Landas. Fase ini menonjolkan pada realisasi tiga aktivitas utama komunitas GIA secara tertib, efektif dan produktif dalam mewujudkan visi besar GIA. Parameter sederhana dari tertib dan produktifnya pada fase GIA ini adalah setiap pengurus mampu mewujudkan Kampung kampung Amanah di seluruh Indonesia, GIA meyakini saat akumulasi kampung kampung terbentuk lahirlah sebuah daya ungkit besar untuk  mewujudkan Indonesia yang amanah.
 
Tiga Aktivitas Utama GIA tersebut adalah Pembinaan, Pemberdayaan dan Hijrah Belanja. Tiga aktivitas utama GIA inilah yang akan terus digelorakan di seluruh komunitas.
 
Aktivitas Pertama tentang Pembinaan, output yang ingin dihasilkan dari aktivitas ini adalah proses penjadian diri   menuju pribadi amanah. Proses ini memang tidak bisa instan, karenanya proses ini akan terus inheren dalam setiap nafas kehidupan kita. Karenanya ia perlu sebuah sarana sebagai momentum dalam rangka penjadian diri tersebut dan sarana itu kami sebut sebagai Sekolah Kehidupan Amanah Indonesia (SKUAD). SKUAD ini bukanlah seperti sekolah formal tetapi ia adalah sebuah jeda atas aktivitas kehidupan kita. Jeda dalam rangka membuat sebuah visi atas proses kehidupan baru yang akan kita jalani dengan lebih efektif. Dalam Skuad nantinya akan lebih menitikberatkan pada pada proses pembentukan dan internalisasi visi baru (Reborn), membangun jiwa kepemimpinan dalam diri kita dalam rangka mengawal visi baru yang telah lahir (Leadership Development) dan terakhir adalah deklarasi visi amanah di Mekah dalam satu kesatuan ibadah Umroh bagi yang muslim dan bagi non muslim di kota sucinya masing masing. Proses Pembinaan yang dilakukan dalam SKUAD ini ditujukan kepada seluruh komunitas dengan menyesuaikan waktu pelaksanaanya.
 
Aktivitas Kedua adalah Pemberdayaan, dalam aktivitas ini target yang ingin dituju adalah agar segenap komunitas memiliki keberdayaan, produktivitas dan kemandirian. Karenanya beragam pelatihan pemberdayaan seperti pelatihan budidaya lele dengan metode KINOMIA, pembuatan antiseptik Organik dari leri, Tabungan Amanah Bumi (TAB), pestisida organik, kompos organik, pembersihan Tandon, budidaya tawon lanceng, dan masih banyak yang lain yang semua aktivitas pemberdayaan adalah aktivitas yang penuh inovasi, unik dan khas Indonesia. Menariknya adalah turunan dari beragam aktivitas pemberdayaan ini bisa diaplikasikan menjadi unit usaha unit usaha yang produktif bagi komunitas. Tak hanya itu seluruh aktivitas dan turunan ekonomi dari pemberdayaan ini akan di tampung dalam wadah yang kami namakan Badan Usaha Milik Komunitas (BUMK), sehingga komunitas juga merasakan profit yang dihasilkan oleh unit unit usaha dari komunitas itu sendiri. Target dari pemberdayaan ini adalah memunculkan banyak aktivisprener di Indonesia, saya ingin menyebut aktivisprener karena yang ingin kami hadirkan adalah orang orang yang memiliki idealisme kemandirian dan kekuatan enterprenership sekaligus.
 
Aktivitas ketiga adalah Hijrah Belanja. Target dari aktivitas ini adalah agar seluruh peredaran barang, uang dan jasa beredar dalam komunitas itu sendiri sehingga benefit dirasakan oleh komunitas pula. Karenanya kami membentuk Komunitas Hijrah Belanja (KHB) sebagai wadah orang orang yang memiliki komitmen untuk membeli produk produk komunitas, dan juga Katalog Produk Komunitas Indonesia Amanah (KoPIA) sebagai daftar kumpulan produk produk Usaha Kecil Menengah (UKM) asli Indonesia. Nah agar memudahkan KHB untuk belanja maka dibentuk Outlet Amanah Indonesia (Omah Indonesia). Mimpi kami Omah Indonesia adalah rumahnya produk produk UKM  Indonesia yang tersebar cabangnya di seluruh Indonesia. Untuk lebih memberikan magnet agar komunitas hijrah belanja maka kami membuat sebuah sistem transaksi amanah dalam bentuk poin belanja, bedanya dengan sistem poin yang lain adalah poin belanja di Omah Indonesia akan tetap di akumulasi walau sudah ditukar. 
 
Keseluruhan tiga aktivitas ini akan di gerakan dan dikomadoi oleh setiap pengurus GIA yang terbentuk di setiap Kota diseluruh Indonesia. Sederhananya Pengurus GIA di setiap kota di indonesia memikul tanggung jawab besar yakni mewujudkan kampung kampung amanah, sebuah kampung yang terdiri dari rumah rumah yang terbina dan mau melakukan proses penjadian diri menjadi pribadi amanah, berdaya dengan memiliki unit usaha atau skill yang dilatih hingga seluruh aktivitas belanjanya komitmen untuk belanja ke produk produk UKM Indonesia.
 
Tiga aktivitas Utama dalam GIA ini yakni Pembinaan, Pemberdayaan dan Hijrah Belanja adalah ikhtiar untuk mewujudkan sebuah kemandirian Indonesia. Sebuah negara yang menjadikan kekuatan ada pada sosok amanahnya, dan kuat sendi ekonominya karena bertopang pada produktifnya UKM, berdaya saing dan putaran uang tidak lari kemana mana tapi menuju pada satu titik kemaslahan dan kemakmuran Indonesia.
 
Apa ini bisa terwujud?
 
saya tidak tahu, yang jelas langkah sudah kami ayun, Gerakan sudah di deklarasikan, karenanya kami yakin ini tinggal menunggu takdir sejarah...ya takdir sejarah kemandirian Indonesia bersama GIA...
 
Muhammad Ikhlas Thamrin
Penggagas GIA

Indonesiaamanah.com – Bagi sahabat amanah yang sebentar lagi selesai melaksanakan ujian nasional dan menamatkan mungkin  bingung menentukan pilihan Universitas mana yang akan kamu ambil nantinya. Eh tapi bagaimana untuk sahabat kita yang mau langsung bekerja dan bingung bagaimana agar bisa tetap kuliah? Nah, jangan khawatir, Kuliah online bisa jadi salah satu solusi yang bisa sahabat ambil. Ini dia lima keuntungan kuliah online yang bisa jadi pertimbanganmu.

1. Kualitas Kuliah Online

Secara kualita kuliah beberapa kamps penyelenggara kuliah online menjamin dalam pelaksanaan pembelaran tidak jauh beda dengan kuluah konvensional. Kampus yang merencanakan program kuliah online dapat memberikan kualitas yang lebih dari kuliah yang umum dilakukan.

2. Bekerja Sambil Kuliah

Banyak orang ingin mengikuti kuliah dikampus untuk meningkatkan pengetahuannya. Namun karena terkendala waktu antara alokasi waktu untuk belajar dan bekerja hal ini menjadi penghambat untuk kuliah. Dengan Kuliah online hal ini dapat teratasi karena mahasiswa tidak harus berangkat kekampus untuk kuliah. Kuliah online dapat menjadi jawaban untuk para karyawan untuk ikut kuliah dan mengambilprogram kuliah kelas karyawan.

3. Lokasi Terjangkau

Dengan mengikuti Kuliah secara online masalah jauhnya lokasi dapat teratasi. Anda tidak harus datang ke kampus untuk mengikuti materi perkuliahan. Cukup dengan duduk diruangan, komputer dekstop atau laptop yang terkoneksi internet anda dapat mengikuti perkuliahan baik di ruang tamu maupun dikamar anda ataudimanapun anda berada.

4. Meningkatkan Interaksi

Interaksi antar mahasiswa dan dosen dalam pelaksanaan kuliah online dapat menginkatkan hubungan sosial, damana antar mahasiswa dan dosen dalap saling bekomnikasi dengan lancar menggunakan software pendukung untuk berbicara dengan menampilkan video.

5. Dapat Menjangkau Lebih Luas

Menyelenggarakan kuliah online dapat membuka kesempatan bagi mahasiswa untuk mengikuti kuliah

tanpa harus datang kekampus, mahasiswa dipelosok sekalipun dapat mengikuti perkuliahan tanpa harus terkendala dengan jarak termpuh dan waktu yang banyak untuk datang ke kampus. Anda dapat mengikuti materi kuliah online dengan terkoneksi internet.

Sumber : Info Kampus Online

Tokoh

indonesiaamanah.com