Items filtered by date: March 2015 - Indonesiaamanah

Indonesiaamanah.com -  Sewaktu beliau ditanya, Apakah yang Paling Membingungkan di dunia ini? Beliau menjawab : "Manusia", Karena dia "Mengorbankan Kesehatannya" hanya "Demi uang"; Lalu dia "Mengorbankan Uang" nya demi Kesehatan". Lalu dia "Sangat Khawatir" dengan "Masa Depannya", sampai' dia "Tidak Menikmati Masa Kini"; Akhirnya dia "Tidak Hidup di Masa Depan atau pun di Masa Kini"; dia "Hidup Seakan-akan Tidak Akan Mati", lalu dia "Mati" tanpa "Benar-benar Menikmati" apa itu "Hidup". 

Dialah Dalai Lama. 

1. Happiness is not something ready made. It comes from your own actions.Kebahagiaan bukanlah sesuatu yang sudah jadi. Itu berasal dari tindakan Anda sendiri. 

 

2. We can never obtain peace in the outer world until we make peace with ourselves.Kita tidak pernah bisa mendapatkan kedamaian di luar, sampai kita berdamai dengan diri kita sendiri. 

 

3. In order to carry a positive action we must delevop here a positive vision. Dalam upaya membawa tindakan positif, kita harus membangun pandangan positif.

 

4. Our prime purpose in this life is to help others. And if you can't help them, at least don't hurt them.Tujuan utama kita dalam hidup adalah untuk membantu orang lain. Dan jika Anda tidak bisa membantu mereka, setidaknya jangan menyakiti mereka.

 

5. If you want others to be happy, practise compassion. If you want to be happy, practise compassion. Jika Anda ingin orang lain bahagia, berlatihlah welas asih. Jika Anda ingin bahagia, berlatihlah welas asih. 

 

6. Love and compassion are necessities, not luxuries. Without them humanity can not survive. Cinta dan kasih sayang adalah kebutuhan, bukan kemewahan. Tanpa mereka, manusia tidak dapat hidup. 

 

7. Old friends pass away, new friends appear. It is just like the days. An old day passes, a new day arrives. The important thing is to make it meaningful: a meaningful friend - or a meaningful day. Teman-teman lama pergi, teman-teman baru datang. Hal ini sama seperti hari. Hari yang lama berlalu, hari baru tiba. Yang penting adalah untuk membuatnya berarti: seorang teman yang berarti - atau sebuah hari yang berarti. 

Hari ini, tepat 56 Tahun yang lalu, Tenzin Gyatso atau yang lebih dikenal dengan nama Dalai Lama, pergi mengungsi ke India, setelah terjadi pemberontakan nasional di Tibet. Seperti dilansir BBC On This Day, perjalanan itu dilakukan dengan berjalan kaki mulai dari ibukota Lhasa kemudian melintasi pegunungan Himalaya hingga pada akhirnya tiba di India.
 
Dalai Lama melakukan perjalanan itu tidak sendiri dan didampingi rombongan sekitar 20 orang, termasuk di dalamnya 6 menteri kabinet. Banyak yang mengira dia telah terbunuh dalam kekejaman pemberantasan pasukan China usai terjadi kerusuhan besar-besaran pada bulan Februari.
 
Dalai Lama terpaksa mengasingkan diri ke India, karena terjadi invasi ke Tibet oleh pasukan China. Laman History melansir, Tenzin menjadi Dalai Lama ke-14 sejak tahun 1940 silam.
 
Posisi tersebut menjadikan dia sosok yang religius dan pemimpin politik di Tibet. Namun, di awal abad ke-20, Tibet menjadi bagian dari wilayah kekuasaan China.
 
Di tahun 1950, pasukan negara komunis itu menginvasi Tibet. Satu tahun kemudian, sebuah kesepakatan antara warga Tibet dan China disepakati. Berdasarkan kesepakatan itu, Tibet menjadi sebuah negara yang memiliki wilayah otonomi dari China.
Seharusnya, Tibet tetap di bawah perintah dari Dalai Lama. Namun, kenyataannya Komisi China yang justru mengendalikan pemerintahan. Saat di bawah kekuasaan China, warga Tibet yang mempratikan ajaran Budha menderita karena adanya aturan anti-agama. 
 
Warga Tibet dilarang mempraktikan agama mereka dan ribuan kuil dihancurkan. Maka, hal itu diprotes oleh warga Tibet sehingga mengakibatkan kericuhan.
 
Kerusuhan yang terbesar pecah pada bulan Maret 1959. Dia pun kemudian terpaksa melarikan diri ke India.
 
Kendati Pemerintahan mantan Perdana Menteri Jawaharlal Nehru tidak mengecam aksi pembantaian yang dilakukan oleh pasukan China, namun Pemerintah India memberikan suaka kepada Dalai Lama. BBC melansir, sejak saat itu dia bermukim di Dhramsala, bagian utara India.
 
Aksinya itu diikuti sekitar 80 ribu warga Tibet. Mereka pun pindah ke India, sehingga daerah itu kerap dijuluki "Lhasa Kecil", karena menjadi rumah bagi pemerintahan Tibet yang tengah mengungsi.
 
Usai terjadi kerusuhan, China mengumumkan sebuah peerintah yang ditanda tangani oleh pemimpinnya, Chou En-lai. Isinya pemberontakan skala besar di Lhasa telah diatasi, walau kerusuhan masih terjadi di luar ibukota.
 
Pemerintahan Tibet dibubarkan di bawah UU darurat militer. Posisi Dalai Lama pun digantikan oleh seterunya yang dianggap lebih pro terhadap kebijakan China, Panchen Lama.
 
Di tahun 1976, Pemerintah China mencabut larangan untuk beragama di Tibet. Namun, aksi protes tetap terjadi.
 
Sementara, perjuangan Dalai Lama diapresiasi oleh dunia internasional. Dia diganjar Nobel Perdamaian di tahun 1989, karena kampanye anti tindak kekerasan untuk mengakhiri dominasi China di Tibet.
Sumber : viva.co.id

Adam Alis Setyano kini tengah naik daun di kancah persepakbolaan Indonesia. Penampilan luar biasa bareng timnas Indonesia U-23 membuat para penggila sepakbola nasional terpukau.
Berperan sebagai gelandang serang, Adam berkolaborasi dengan Evan Dimas Darmono. Pada awalnya, banyak orang yang meragukan kualitas bermain Adam sebagai tandem dari Evan.

Indonesia memiliki banyak putra-putri yang memiliki bakat dan prestasi luar biasa. mereka berasal dari berbagai daerahdari segala penjuru di Indonesia. Termasuk putra asli Indramayu, Sofiyudin atau lebih akrab dipanggil Ifos.

Indramayu itu sebenarnya hebat tetapi lagi-lagi image atau kesan negatif tentang Indramayu masih melekat kuat. Untuk itu kami (Komunitas Blogger Indramayu) akan terus menggali orang-orang berprestasi dan juga terus mencari informasi menarik dari Indramayu, agar kesan negatif itu perlahan mulai berubah dan Indramayu itu sebenarnya tidak kalah dengan daerah lain di Indonesia. 
 

Salah satu orang asli dari Indramayu yang satu ini bisa menjadi kebanggaan Indramayu. Karena dari hasil karyanya di dunia maya menjadikan Indramayu lebih dikenal oleh orang dari daerah lain di Indonesia dan juga dunia. Dia adalah Sofiyudin atau sering dipanggil oleh rekan-rekannya dengan nama Ifos

 
Pria kelahiran dari Kamplong Gabuswetan ini mempunyai hobi membuat template. Template sendiri adalah tampilan untuk blog atau website. Pria yang punya hobi lain bermain futsal ini telah menjual ratusan bahkan ribuan template kepada konsumennya yang berasal dari Indonesia dan luar negeri. 
 
Ifos tidak bekerja seperti orang pada umumnya yang harus pergi ke kantor, melainkan dia bekerja cukup di kamar di depan komputer dan akses internet menggunakan sarung atau celana pendek dan tidak ada yang mengatur harus mengerjakan ini dan itu. 
 
Kini dia memfokuskan diri untuk menjual hasil karyanya tersebut di situs yang dikhususkan untuk menjual template hasil karyanya yang biasanya digunakan untuk para blogger atau enterpreneur dalam membuat template situs atau toko jual beli online. 
 
Nama marketplace template besutan Sofiyudin ini adalah Asistentoko.com. Saat ini ribuan anggotanya yang tersebar tidak hanya di Indonesia tetapi dari seluruh dunia. Untuk menjadi anggota atau member Asisten Toko ini, Anda harus mendaftarkan secara gratis, sementara untuk menjadi anggota premium anda dikenakan biaya pendaftaran 250 ribu rupiah. 
 
Jika Anda sudah menjadi anggota atau member premium Asisten toko, Anda bebas mendownload template yang disediakan olehnya di situs tersebut. Tetapi Ifos tidak memberikan toleransi kepada anggotanya yang menjual template tersebut kepada orang lain, tetapi dia menyarankan kepada anggotanya untuk memberikan jasa pembuatan situs atau blog jual beli secara online bukan menjual templatenya yang sudah menjadi hak ciptanya. 
 
Pria yang baru mempunyai anak satu ini tidak pelit ilmu dan sering berbagi kepada siapa pun yang membutuhkan bantuannya terutama dalam hal template atau tampilan blog atau situs. Sehingga tampilannya blog atau situsnya menjadi menarik, elegan, SEO friendly dan responsif untuk berbagai perangkat termasuk smartphone dan tablet. 
 
Ifos sering diundang menjadi pembicara diberbagai tempat, termasuk dia juga pernah didapuk menjadi pembicara Komunitas Blogger Indramayu dalam acara Seminar Indramayu Ayo Ngeblog beberapa waktu yang lalu. Dia menceritakan pengalamannya membuat template hanya dalam dua pekan saja market place miliknya yakni Asisten Toko telah menghasilkan puluhan juta rupiah. 
 
Kini dia memiliki target dalam hidupnya untuk bisa membeli mobil baru dari usahanya di dunia maya terutama menjual template blog atau situs jual beli online. Menurutnya tidak ada yang tidak mungkin dalam dunia ini selama kita berusaha dan berdoa. Mudah-mudahan cita-citanya segera terwujud, dan sekali lagi ini membuktikan bahwa orang Indramayu itu hebat tidak kalah dengan daerah lain.
Sumber : bloggermangga.com
Indonesiaamanah.com - Berbagai macam keunikan yang ada di negeri ini menjadi suatu ciri khas tersendiri yang mampu menjadi jati diri sampai dengan saat ini. Keunikan-keunikan yang ada berasal asli dari dalam negeri ataupun berasal dari adaptasi luar negeri. Salah satu keunikan yang ada di negeri ini yaitu keunikan alat transportasi yang telah menjadi ciri khas di negeri ini, berikut ulasannya :
 
1.  Delman
via jakartabytrain.com
Delman merupakan alat transportasi yang terkenal di zamannya yaitu di masa kolonial dan dapat ditemukan di beberapa kota besar di negeri ini seperti Batavia (Jakarta), Yogyakarta, Kuningan, Padang, dan Magelang. Transportasi ini dicetuskan pertama kali oleh Ir Charles Theodore Deeleman, seorang insinyur dan juga ahli irigasi yang mempunyai bengkel besi di daerah pesisir Batavia. Saat ini, delman yang ada di daerah perkotaan telah beralih fungsi, lebih sering digunakan sebagai alat hiburan pada suatu perayaan berlangsung. Seperti pada saat perayaan ulang tahun Jakarta, sunatan, atau pesta rakyat.
 
2. Becak
 
Aaap2014.ugm.ac.id
Becak merupakan salah satu moda transportasi seperti sepeda dengan tambahan tiga roda. Pada umumnya, becak hanya dapat ditumpangi sebanyak dua orang saja dan seorang pengemudi. Di Indonesia, becak masih banyak ditemukan di Sumatra, Jakarta, dan Yogyakarta. Selain di Indonesia, ada juga beberapa negara lain yang memiliki alat transportasi serupa, seperti di Tiongkok atau India.
 
3. Bentor
 
komisikepolosianindonesia.com
Bentor, merupakan singkatan dari Becak Motor, bekerja dengan menggunakan tenaga sepeda motor namun dengan tambahan perangkat becak di bagian depan atau pada bagian samping. Meski secara hukum pihak Dinas Lalu Lintas dan Angkutan Jalan Raya (DLLAJR) tidak memberikan izin beroperasi pada kendaraan ini, namun jumlahnya tetap saja menjamur. Bentor kerap ditemui di Gorontalo, Makassar, Ambon, bahkan di Aceh. 
 
4. Ojek sepeda ontel
www.indonesia.travel
Dahulu kala sepeda ontel menjadi transportasi ternama. Namun, seiring dengan perkembangan zaman, peminat transportasi roda dua itu sendiri malah beralih menjadi menggunakan kendaraan bermesin. Kini, ojek ontel beralih sebagai moda wisata yang banyak ditemui di kawasan Kota Tua, Jakarta. Mereka biasanya beroperasi mulai pukul 07.00 - 17.00 WIB dan bersedia mengantarkan sekitaran Tanjung Priok, Kota Tua, sampai Pasar Rawa Badak. (mjf)

Indonesiaamanah.com - Hidup adalah sebuah anugerah bagi orang-orang yang senantiasa bersyukur. Di antara mereka yang selalu mengucap syukur dalam lisannya, akan melakukan yang terbaik dari apa yang telah mereka miliki. Memiliki kesempurnaan fisik adalah pemberian yang tidak bisa dinilai dengan harta apapun di dunia ini. Terdapat mereka, orang-orang yang tidak memiliki kesempurnaan pada fisiknya namun mereka tetap berusaha melakukan yang terbaik yang bisa mereka lakukan dan mereka mencapai puncak kesuksesan yang jarang dilakukan oleh orang dengan fisik yang lebih sempurna daripada mereka. Berikut adalah sosok mereka yang menginspirasi untuk setiap orang :

 
1. Theresa M Lucas
 
 
Orangtuanya telah diberitahu bahwa gadis kecilnya itu tidak akan bisa berjalan atau melakukan hal-hal secara mandiri saat ia baru saja lahir. Tapi kedua orangtuanya tidak pernah mau menyerah. Meski bisa berjalan normal, tangan Theresa tidak seperti tangan remaja lainnya. 
 
Tapi ia tetap berkegiatan sebagaimana remaja lainnya seperti berkemah, bermain kickball, bertualang, bahkan bermain basket. Kini Theresa adalah seorang pelukis cat air profesional yang menggunakan mulut dan motivator di yayasan untuk penderita arthrogryposis multiplex congenita yang ia pimpin.   
 
2. Kevin Michael Connoly
 
 
Kevin Connoly dilahirkan ke dunia tanpa dua kaki tentu merupakan hal yang sangat berat. Tapi itu tidak membuat Connoly risih dengan tatapan orang asing yang menatap aneh kepadanya. Dia justru memanfaatkan momen tersebut, mengangkat kamera, lalu mulai menjepret ekspresi muka orang-orang yang melihat ke arahnya. Kini Connolly telah menjadi fotografer profesional yang hebat.
 
3. Habibie Afsyah
 
 
Habibie-Afsyah Pemuda asal Indonesia ini positif menderita Muscular Dystrophy Progressive yaitu kelainan pada otak kecil yang menyebabkan perkembangan saraf motoriknya terganggu. Akibatnya, pertumbuhan fisiknya terhambat.
Jadilah ia seorang pemuda dengan fisik yang aneh bagi orang-orang disekitarnya. Namun, cinta kasih ibunya yang sangat besar yang telah membuatnya tidak meratapi hidup. Habibi kini menjadi seorang trainer Internet Marketing untuk Amazon yang sukses dan meraih penghasilan hingga $2000. 
 
4. Nick Vujicic
 
Nick Vujicic Sindrom tetra-amelia, merupakan gangguan langka yang menyebabkan dua lengan dan kaki seseorang hilang sejak lahir. Nick Vujicic adalah salah satu penderitanya. Namun ia penderita yang tak mau menyerah. Meski dirundung keterbatasan dan sempat diolok-olok karena memiliki tubuh yang aneh, Nick terus menerjang keterbatasan.
Ia terus mengembangkan bakat dalam banyak hal, salah satunya adalah menulis. Kini ia merupakan seorang pendeta, motivator, dan penulis buku best seller Life Without Limbs. (mjf)
 

Indonesiaamanah.com - Telah banyak ditemukan berbagai inovasi yang dilahirkan dari tangan-tangan putra-putri Indonesia. Adalah mereka siswa-siswi kelas IX dari SMP Negeri 2 Kabupaten Takalar Sulawesi Selatan, mampu menciptakan baterai yang berasal dari buah pare yang ternyata memiliki energi serupa dengan baterai.
 
Menurut Izza Fajriani, salah seorang siswi dari SMP Negeri 2 Takalar, ternyata buah pare tidak hanya enak dimakan, tapi kandungan di dalam buah tersebut bisa dijadikan energi listrik seperti baterai. Menurut penemu energi listrik yang menyerupai baterai tersebut, dirinya bersama dua rekannya telah menemukan energi terbaru yang ramah lingkungan.
 
Penemuan baterai tersebut atas dasar bimbingan pengajar di sekolahnya dalam bidang IPA khususnya tentang energi. Berdasarkan penelitian yang telah mereka lakukan, ternyata buah pare mengandung senyawa basa yang mampu menggantikan serbuk karbon dalam baterai. Senyawa basa pada buah pare ini mengandung ion OH- yang bisa menghasilkan sumber listrik.
 
Seperti dilansir oleh Antara, dalam pembuatannya pun caranya amat mudah, siapa saja dapat membuatnya. Langkah pertama, buah pare diambil dalamnya saja dan dicacah kemudian diperas tidak boleh terlalu kering dan terlalu basah." 
Langkah kedua, batang karbon dan serbuk karbonnya dikeluarkan lalu baterai yang telah disediakan dalam keadaan kosong diisi dengan buah pare yang telah diperas, lalu masukkan kembali batang karbon baterai dan ditutup.
 
"Hasilnya sungguh di luar dugaan. Ketika diuji coba untuk menghidupkan jam, penunjuk jam langsung bergerak tanda menyala, demikian juga untuk menyalakan lampu," tambahnya.
 
Setelah terbukti mampu membuat jam menyala, siswa juga menguji besaran kandungan tegangan buah pare tersebut, dibandingkan dengan baterai asli dengan memakai alat meter dasar.
 
Setelah dilakukan uji coba, ternyata kandungan energinya dari buzh pare tersebut tidak jauh berbeda dengan baterai asli. Pada baterai paten memiliki voltase 1,5 volt dan baterai buah pare ini memiliki antara 1,3 sampai dengan 1,4 volt.
 
Menurut pendamping siswa, Mukhlis penemuan ini memberikan sebuah nilai penting, bahwa dengan belajar model kontekstual para siswa menghubungkan materi pelajaran dengan kehidupan nyata mereka. (mjf)
 

Indonesiaamanah.com - Sebentar lagi kita akan dapat menyaksikan film layar lebar yang luar biasa. Menceritakan sejarah masa lalu Bangsa Indonesia. Disebutkan Yayasan Tjokroaminoto bersama PickLock Production menggelar diskusi sekaligus pemutaran trailer film berjudul 'Guru Bangsa Tjokroaminoto' di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Jalan Jendral Sudirman, Senayan, Jakarta Selatan, Selasa (17/3).
 
Seperti dilansir dari viva.co.id. dari bagian Marketing komunikasi dari Havas Worldwide, Amalia S. Prabowo mengatakan, pihaknya didaulat oleh Yayasan Tjokroaminoto dan PickLock Production, untuk menggelar diskusi tentang sejarah dan inisiasi 'Kongres Pemuda 2015' yang tergabung dalam rangkaian acara tersebut.
 
Menurut Amalia, "Setelah berdiskusi dengan pihak yayasan dan PH, tujuannya agar bagaimana orang-orang mau menonton film ini. Karena ini film sejarah yang sangat bermuatan ideologis, maka kami menggandeng Kemendikbud dalam hal ini," kata Amalia di sela-sela diskusi dan pemutaran trailer film, Gedung Kemendiknas, Senayan, Jakarta Pusat, Selasa (17/3).
 
Amalia pun menambahkan, "Target audiens dari film sejarah ini adalah anak muda. Maka kita undang para mahasiswa dari sejumlah universitas, untuk mewakili gerakan intelektual kaum muda tersebut," 
 
Amalia mengatakan, butuh strategi khusus untuk menarik minat para anak muda, guna menonton film mengenai sejarah salah satu tokoh Sarekat Islam ini.
 
"Kalau film sejarah, anak muda kan harus dibikin tertarik dong untuk menontonnya. Soalnya kan asumsi awal tentang film sejarah itu selalu 'boring' menurut mereka. Maka kita kemaslah acara ini agar menarik minat mereka untuk menontonnya," Tukas Amalia.
 
Amalia lebih menjelaskan korelasi antara Yayasan Tjokroaminoto, yang merupakan yayasan milik keluarga sang tokoh, dengan penayangan film tersebut di kantor Kemendiknas itu terkait dengan kompleksitas sejarah. Tjokroaminoto adalah guru dari Ir. Soekarno, sekaligus tokoh-tokoh awal gerakan perjuangan Indonesia medio 1900-an.
"Film ini berbicara mengenai gerakan intelektual, ideologi dan gagasan-gagasan Tjokroaminoto. Di film ini juga digambarkan bagaimana para tokoh sejarah Indonesia mengenal organisasi dan politik. Karena kita berbicara mengenai sejarah, maka akhirnya kita godok bentuk promo apa yang menarik. Akhirnya kita mencetuskan ide tentang gerakan ideologi bertajuk Kongres Pemuda 2015 seperti ini," kata Amalia.
 
Diketahui, film berjudul 'Guru Bangsa Tjokroaminoto' ini akan mulai tayang di bioskop tanah air pada 9 April 2015 mendatang. Film ini dibintangi sejumlah aktor dan aktris kawakan Indonesia, antara lain Reza Rahadian, Didi Petet, Alex Komang, Sudjiwo Tejo, Ibnu Jamil, Putri Ayudya, Christine Hakim, Chelsea Islan, Tanta Ginting, dan Deva Mahenra. (mjf)

Bagi masyarakat Indonesia pasti sudah paham betul dengan istilah “Kerokan” yang seringkali dilakukan saat kita sedang masuk angin. Istilah kerokan itu sendiri sudah dikenal di Indonesia sejak ratusan bahkan ribuan tahun yang lalu. Pengobatan tradisional asli Jawa ini menggunakan semacam benda tumpul seperti koin, batu giok, gundu, potongan jahe, potongan bawang, atau benda tumpul lainnya yang digunakan untuk menggosok bagian punggung. Selain benda tumpul tadi, pengobatan kerokan ini juga menggunakan cairan licin seperti minyak telon, minyak olive, minyak kelapa, atau lotion. Cairan licin ini digunakan agar tidak terjadi iritasi atau lecet pada kulit yang dikerok.
 
Cara untuk mengatasi gejala masuk angin ini ‘Kerokan’ tidak hanya populer di Indonesia, tetapi juga banyak disukai oleh orang-orang di negara-negara asia lainnya, seperti di Vietnam menyebut kerokan sebagai cao giodi, sedangkan di Kamboja menyebutnya goh kyol, bahkan di China yang terkenal dengan akupunturnya menyebut kerokan dengan gua sua, cuma bedanya orang China memakai batu giok sebagai alat pengerok, bukan kepingan uang logam seperti yang umumnya dipakai di Indonesia.
Kerokan pun dinilai ampun untuk mengusir angin yang masuk ke dalam tubuh. Angin yang masuk ke badan biasanya akan membuat badan terasa pegal dan nyeri dan akan terjadi bersin. Oleh karena khasiatnya yang cukup manjur itu, metode pengobatan ini sangat terkenal hingga keluar wilayah Jawa bahkan keluar negeri. Kerokan ini pun dipercaya sebagai bukti nyata dalam perwujutan ilmu Einstein (E=MC2) yang menerangkan bahwa energi muncul karena pergesekan dua benda. Jika permukaan tubuh kita digosok-gosokan dengan tangan atau benda tumpul dengan cepat, maka suhu panas dalan tubuh akan meningkat. Karena meningkatnya panas dalam tubuh, maka akan terjadilah perlebaran pembuluh darah sehingga oksigenasi menjadi lebih baik karena peredaran darah kembali lancar dan rasa sakit ditubuhpun mereda.
Saat kita mengerok punggung kita, akan terjadi “Inflamasi”. Inflamasi bertujuan untuk menetralisir penyebab sakit dan menghilangkan jaringan yang telah mati sehingga proses penyembuhan menjadi lebih cepat. Inflamasi memiliki ciri seperti kemerahan pada kulit yang dikerok yang menandakan karena adanya jaringan yang meradang yang mengandung banyak darah akibat pembuluh kapiler yang tadinya kosong karena menyempit telah melebar dan diisi oleh darah. Itulah mengapa saat punggung kita dikerok akan timbul warna kemerahan atau merah kebiruan pada kulit.
 
Walaupun kerokan termasuk ampuh dalam mengusir gejala masuk angin, namun terdapat bahaya yang tidak kita sadari yang bisa membuat badan menjadi lebih sakit. Bahaya ini memang tidak langsung berdampak pada tubuh kita melainkan akan kita rasakan dikemudian hari. Bahaya yang bisa di akibatkan oleh pengobatan “Kerokan” adalah sebagai berikut :
 
1. Mengakibatkan Kontraksi Dini
Seperti yang kita tahu bahwa saat dikerok atau dikerik, maka akan terjadi Infamasi. Nah yang menjadi masalah adalah reaksi penolakan terhadap Inflamasi tubuh. Saat terjadi Inflamasi, maka mediator anti Inflamasi akan mengeluarkan suatu zat yang disebut “Cytokines” yang merupakan sel yang bisa meningkatkan kekebalan tubuh. Zat ini akan memicu pelepasan Prostaglandin yang bisa menyebabkan kontraksi pada rahim. Oleh sebab itu, bagi ibu-ibu yang sedang hamil sangat dilarang penyembuhan dengan cara dikerok karena bisa mengakibatkan timbulnya kontraksi dini akibat munculnya zat Prostaglandin.
2. Masuknya Bakteri dan Virus
Saat kita mengerok atau mengerik tubuh kita, pori-pori kulit akan terbuka lebar oleh karena efek gesekan kulit dengan benda tumpul maupun karena panas tubuh yang meningkat. Saat pori-pori kita membesar maka akan memudahkan angin masuk kembali ketubuh dengan membawa bakteri dan virus dari udah kedalam tubuh. Memang efeknya tidak akan langsung terasa oleh tubuh kita tapi akan muncul efek dikemudian hari. Sebagian besar orang akan merasa ketagihan saat dikerok dan pasti akan melakukannya lagi saat dia terserang masuk angin. Nah semakin sering kita dikerok dan semakin sering pula pori-pori kita melebar, maka akan semakin banyak juga virus dan bakteri yang masuk kedalam tubuh kita.
 
Anda sih boleh memilih ingin melakukan pengobatan kerokan atau dengan pengobatan lain. Kerokan memang terbilang sangat murah, bahkan tidak mengeluarkan biaya sedikitpun. Akan tetapi kita juga perlu mempertimbangkan resiko terburuk untuk kesehatan kita. Jangan sampai karena biayanya murah, Anda jadi ketagihan dan tidak memikirkan efek sampingnya.
 
Credit: Entertainment Geek

Seringkali kita melihat pemandangan asap knalpot motor yang ngebul Sebenarnya, jika motor berjenis mesin dua-tak itu tidak menjadi masalah. Tapi, jika motor yang dimaksud merupakan empat-tak, tentu itu jadi masalah.
 
Bila knalpot motor empat-tak mengeluarkan asap dan ngebul, sebaiknya pemilik tidak acuh dan membiarkan begitu saja. Keluarnya asap berarti ada masalah pada bagian mesin motor.
 
Penyebab munculnya asap yang ngebul dari knalpot juga bermacam-macam jenisnya, apa sajakah yang menjadi penyebabnya?
 
Berikut ulasannya seperti dilansir WeloveHonda, dari viva.co.id
 
Bisa jadi hal itu tersebut karena bensin yang terlalu boros. Cirinya dapat dilihat dari asap yang berwarna hitam atau kelabu pekat. Untuk motor karburator, masalah ini dapat diatasi dengan cara menyetel karburatornya saja.
 
Bagaimana jika hal ini terjadi pada sepeda motor bertipe injeksi? Kemungkinan setting-an sensor O2 yang berubah. Sebaiknya minta dilakukan setelan sistem injeksi pada sepeda motor tersebut ke bengkel resmi.
 
Namun, jika asapnya berwarna putih dan mengebul, hal itu menandakan ada oli yang terbakar di ruang pembakaran. Pada motor empat-tak, oli tidak boleh masuk ke dalam ruang bakar. Jika terdapat oli mesin yang merembes masuk ke ruang bakar, hal itu bisa jadi karena Oil-Up atau Oil-Down.
 
Oil-Up alias oli naik merupakan jika keadaan ring piston motor sudah lemah. Selain itu bisa juga karena liner silinder yang sudah baret, sehingga oli bisa merembes ke ruang bakar. Penanggulangannya ya servis besar di bengkel.
 
Sedangkan Oil-Down adalah keadaan oli yang turun dari head blok silinder ke ruang bakar. Biasanya terjadi karena kondisi sil klep yang sudah jebol atau ada rembesan di paking head silinder. Biasanya, jika Oil-Down, ngebulnya lebih parah. Mirip semprotan nyamuk demam berdarah.
 
Kita Tak Boleh Acuh
 
Knalpot motor yang asapnya ngebul sebaiknya jangan dianggap remeh. Hal itu karena, asap tersebut berasal dari kebocoran oli yang bisa berakibat cepat habisnya oli mesin. Jika oli habis, bisa fatal terhadap mesin secara keseluruhan.
 
Jika disebabkan oleh ausnya dinding silinder atau piston, hal itu sudah jelas motor akan kehilangan tenaga. Ruang bakar akan cepat dipenuhi oleh kerak yang menebal, akibatnya ruang bakar menjadi sempit dan pembakaran menjadi tidak sempurna. Hal ini juga akan sangat berpengaruh terhadap performa mesin. (mjf)

Tokoh

indonesiaamanah.com